Diabetes adalah penyakit kronis – Diabetes adalah sebuah penyakit yang merupakan hasil dari gangguan ketidak seimbangan metabolisme dan hormon tubuh. Jika diartikan secara harfiah, maka diabetes melitus adalah kencing yang sering dengan rasa yang manis.

Rasa urin dari penderita diabetes akan mempunyai rasa manis. Itulah mengapa, penyakit ini sering juga disebut sebagai kencing manis. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya semut pada urin orang yang terkena diabetes.

Tanda awal diabetes adalah tidak stabilnya kadar gula darah

Gula darah merupakan hal yang sangat berkaitan erat dengan diabetes. Orang yang menderita diabetes biasanya mengalami lonjakan gula darah yang sangat tinggi. Namun, pada beberapa kasus terdapat juga gula darah yang malah drop di bawah normal. Hal ini dikarenakan ada ketidak stabilan hormon.Seperti yang dikatakan di atas, urin orang yang terkena penyakit diabetes adalah manis. Namun, hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Terkadang, orang yang gula darahnya tinggi urinnya tidak manis.Satu-satunya cara untuk melihat apakah seseorang itu menderita diabetes atau tidak adalah dengan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan akan dilakukan pada keadaan seseorang sedang puasa 8 jam dan pada keadaan 2 jam setelah makan.

Bagaimana diabetes terjadi?

Penyakit diabetes adalah penyakit yang juga populer dengan sebutan penyakit gula di masyarakat kita. Ini merujuk pada kadar glukosa dalam darah tinggi. Gula diketahui sebagai sumber energi bagi tubuh.obat diabetes ampuh

Ketika seseorang makan, maka zat gula akan diserap oleh tubuh dan dialirkan ke darah. Dari darah, gula harus diangkut ke sel untuk bisa dijadikan energi. Tugas pengangkutan ini dibebankan pada hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas.

Ketika ada masalah yang berhubungan dengan pankreas dan insulin, maka gula ini tidak bisa didistribusikan ke sel-sel tubuh. Akibatnya, terjadi lonjakan atau banjir zat gula dalam darah.

Sumber masalah ini bisa terjadi pada pankreasnya atau juga bisa terjadi pada insulinnya. Ketika masalah terjadi pada pankreas, maka jenis diabetes yang diidap adalah diabetes tipe 1. Keadaan ini karena ada kerusakan pada pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin.

Ketika yang bermasalah adalah insulin, maka diabetes yang diidap adalah diabetes tipe 2. Keadaan ini dimana pankreas memproduksi insulin secara cukup, namun terjadi resistensi insulin. Insulin tidak tidak dapat mendistribusikan gula karena reseptor tertutup lemak.obat diabetes

Tidak heran, penderita diabetes tipe 2 rata-rata adalah orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas. Kegemukan ini dipengaruhi oleh pola makan yang terlalu konsumtif dan lebih memilih makanan cepat saji.

Penyakit kronis yang pesat perkembangannya

Diabetes adalah sebuah penyakit kronis yang kasusnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tingkat kemakmuran suatu bangsa, sehingga masyarakatnya banyak mengonsumsi makanan modern yang tidak disertai dengan mengonsumsi obat terbaik untuk kencing manis.

Data yang dilansir oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebutkan bahwa ada 2,1% penduduk dunia yang menderita diabetes pada tahun 2000. 60% dari penderita tersebut ada di Asia, termasuk di Indonesia.

Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan penderita diabetes terbesar ke-4 di dunia. Peningkatan setiap tahun tidak bisa dipungkiri, hal ini berbanding lurus dengan pengingkatan kesejahteraan masyarakat.

Statistik di atas merupakan data orang yang sudah terdeteksi mengidap diabetes. Diperkirakan, masih banyak para penderita diabetes yang tidak sadar bahwa mereka menderita diabetes. Akhirnya, diabetes ditemukan ketika kondisi sudah parah.

Diabetes adalah pembunuh diam-diam atau silent killer karena sifatnya yang terkadang diam-diam itu. Banyak orang yang baru sadar ketika diabetes sudah menunjukan komplikasi berbahaya pada organ-organ vital.